Assalamualaikum....
Posted by : Hanung Sabtu, 11 Juni 2016



1.   Kerentanan Bahaya Dos (Denial of Service)
Masalah serius pada serangan ini yaitu pemutusan sambungan dari jaringan karena banjirnya atau padatnya lalu lintas sambungan jaringan. Bahkan yang paling parah dari ancaman ini yaitu berhentinya fungsi dari suatu alat sehingga dampaknya dapat dirasakan langsung oleh pasien seperti perawatan yang terganggu dan bahkan berpengaruh terhadap kesehatannya, tergantung dari seberapa parah kegagalan perangkat/alat medisnya.
2.   Weak and Default Passwords (Penggunaan Suatu Password yang lemah dan mudah ditebak)
Perangkat medis pada umumnya memiliki suatu password yang lemah yang telah ter-setting didalamnya atau pihak rumah sakit tidak dapat merubah passwordnya. Dengan begitu Hacker dapat dengan mudah untuk menyerang dengan mengetahui password yang digunakan. Hal lain penyerang dilakukan merujuk pada akses ke informasi diagnostik dan konfigurasi sehingga serangan yang terjadi semakin parah.
Alat Medis Jaringan
3.   Hilang Security Patch
Terkadang sistem informasi yang digunakan seringkali bagian kecil dari sebuah keamanan hilang bisa diakibatkan serangan virus seperti Conficker, yang mengunduh malware tambahan seperti keystroke logger sehingga sistem terinfeksi pada botnet.
4.   Manajeman Lalu lintas tidak terenskripsi
Penggunaan interface untuk pengelolaan jarak jauh seringkali tidak terenskripsi. Demikian juga ketika perangkat mengirimkan informasi ke server juga tidak terenskripsi, sehingga dengan begitu penyerang yang sedang memantau jaringan dapat mencuri password yang digunakan untuk login ke perangkat, membajak koneksi, melihat dan mengubah informasi pasien dikirim ke sebuah  perangkat. Hal Ini memerlukan perhatian khusus untuk perangkat yang menggunakan jaringan WiFi.
5.   Kerentanan Aplikasi WEB
Semakin banyak jaringan yang terpasang pada perangkat medis web Interface memerlukan update status atau pengaturan kontrol. Sering kali Interface ini tidak dikode dengan sehingga mengandung kerentanan pada web seperti cross-site scripting (XSS) dan SQL injection. kerentanan ini sangat bervariasi dalam berbagai jenis dan sangat kompleks, bahkan penyerang dapat login ke suatu perangkat tanpa harus memberikan password sehingga dengan begitu orang tersebut kemudian bisa mengubah pengaturan pada perangkat dan mengakses informasi pribadi yang bersifat rahasia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Statistik Pengunjung

Popular Post

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ~Berbagi Coretan~ -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -